Tip persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan matakuliah yang bernilai 4 SKS, jika dapat nilai tinggi tentu akan sanagt mendongkrak nilai kita.

Bagi mahasiswa yang telah menyelesaikan mata kuliah umumnya akan bilang mata kuliah ini sanagat menyenangkan, tapi bagi mahasiswa yang belum sampai atau dalam tahap persiapan umum nya akan beban beban pikiran hal ini bisa di sebabkan karena:
  1. Lokasi KKN yang tidak diinginkan
  2. Teman yang belum saling kenal
  3. Cara penyesuai diri di tepat yang baru
  4. Keahlian dalam melayani masyarakat
  5. Mau jadi apa saya di sana?...
  6. Apa yang harus saya lakukan di sana?...
  7. Apa masalah yang timbul dengan pemuda di sana?...
  8. Apakah masyarakat di sana menerima kehadiran saya?...
Masi banayk lagi pertanyan-pertanyaan yang membuat kita takut sehingga menjadi beban pikiran bagi kita.
Janagn TAKUT...! 
Semua itu hanyalah pikiran kita yang belum pernah melakukan nya.

Baiklah... Untuk tidak menakut-nakuti langsung saja diperaktekkan hal berikut ini:
  1. Setelah mendapat tempat yang pasti, cari informasi tentang tempat tesebut, misalnya: keadaan jalan di sana, jarak lokasi dengan pasar/pusat keramaian, ada tidaknya aliran listrik, Dsb...
  2. Setelah kita dapat sedikit info dari tempat yang akan kita datangi kita bisa mempersiapkan apa saja yang kita perlukan, persiapkan kebutuhan janagn terlalu berlebihan, karna nanti akan merepotkan kita sendiri, misalnya: pakaian janagn terlalu banayk karan pakaian yang banayak memerlukan tas yang besar, jika tas besar seanadai nya lokasi menju tempat tersebut harus jalan kamu akan repot membawa beban tersebut, dan apabiala rumah yang nanti kamu diami kecil maka akan sulit menyimpan barang-barang kamu.
  3. Bersikap ramah dan tidak sombong
  4. Perkenalkan diri kepada kepala desa dan orang terdekat di sana, jalin hubungan yang baik, karna mereka inilah yang akan membimbing kita di sana.
  5. Bergaul denagn masyarakat yang ada di sana, terutama para pemuda, intinya kita pandai pandai membawa diri kita kedalam lingkungan mereka, kalo hubungan denagn pemuda baik mereka akan sangat membantu kegiatan yang kita lakukan.
Jika hal di atas ini di jalankan, mudah-mudahan akan baik-baik saja.

Apa yang harus di lakukan di sana...?
Setelah kita berada disana beberapa hari dan saling berkenalan dengan penduduk di sana kita bisa mulai memikirkan berikut:
  • Laporan kegiatan (harian, bulanan)
  • Program kerja,  program kerja ini biasanya berupa rencana kegiatan yang akan kita lakukan selama di sana, tinggal sesuaikan saja dengan keadaan di sana dan waktu sedang berlangsung, misalnya: menghidupkan kembali Mushala, MDA yang telah mati atau mengadakan lomba menyambut 17an dsb... Kegiatan ini di usahakan bagai mana caranya bisa dekat dan akbarab dengan masyarakat di sana.
  • Sumber dana, ini merupakan hal yang paling penting agar berjalan nya semua program kerja, sebaiknya mulai dari terbentuknya kelompok sudah memikirkan sumber dana ini. Agar dana ini tidak memberatkan kelompok kita harus pandai mengajak desa berkerja sama dalam menjalankan program ini, agar bisa dibantu denagan kas desa di sana. Selain itu kamu juga harus mempersiapkan proposal untuk di sebar ke perusahaan yang ada di sana. Kamu bisa juga melakukan rogram kewirausahan di sana untuk mendapat tambahan dana, misal pada bulan puasa kamu berjualan menu berbuka puasa di sorehari.
Banayk nantinya program kerja yang bisa dilakukan apa lagi kita telah tinggal di sana dan tentunya telah tau sedikitnya apa saja pasilitas bangunan desa di sana misalnya:
  • Adanya puskesma, bisa membuat program kerja mengadakan POYANDU yang kerjasama nya dengan pihak puskesmas
  • Sekolah-sekolah, bisa menawarkan jasa sebagai pengajar atau tata usaha di kantor sekolah tersebut
  • Menghidupkan surau, masjid ataupun pasilitas umum lainya yang telah mati/sepi
  • Mengadakan perlombaan pada peringatan hari-hari besar misalnya bertepatan dengan maulid nabi, 17an, puasa, nanti bisa melakukan lomba-lomba seperti cerdas-cermat, lomba baca Al-Quran, lomba 17an (gapura, olahraga,dsb) 
Intinya buat tempat tersebut semeriah mungkin sehingga berkesan pada masyarakat yang ada di sana.

Itu saja sekilas dari pengalaman saya jika teman-teman ingin bertanya silahkan berkomentar dibawah ini, saya akan berusaha menjawabnya dari saya dan jika diperlukan dibantu oleh teman-teman terdahulu.

Baca juaga panduan untuk membuat lapaoran

    Share on Google Plus

    About Andreas Setiawan

    This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
      Blogger Comment
      Facebook Comment

    4 comments:

    1. Ada tambahan dikit ni...
      Bagi teman teman yang membawa kendaraan sendiri itu memang sanagt membantu transportasi pada saat di desa nantinya, tapi dalam sebuah kelompok KKN tersebut sebaiknya setengah dari anggota bisa membawa kendaran sehingga bisa boncengan satu motor dua orang, tapi jika satu atau dua orang saja yang membawa kendaran ... wah.... nasib lah kendaraan nya... azab dunia...wkkkwkwkkwk..Untuk pertama sebaiknya jangan bawa dulu dirumbukkan di sana masah BBM nya,Dll-nya... bagai mana sebaiknya pengaturan nya supaya yang punya kendaraan tidak terlalu di rugikan.

      Jika ada yang membawa latop, tahan sajalah dulu, tunggu sampai program kerja sudah di mulai, kasin latopnya misalnya dari listrik(janset)yang tidak stabil pada saat pengecasan, ataupun bayak temen2 yang minjam, atu bisa resiko kehilanagn.

      BalasHapus
    2. weh semoga 3 tahun kedepan bisa melaksanakan agenda ini kak, tanpa molor2...

      BalasHapus
    3. TANKS..MENAMBAH WAWASAN SAYA,....

      BalasHapus